Games
Game adalah suatu latihan dimana pesertanya terlibat dalam sebuah kontes
dengan peserta lain (atau sekelompok orang) dengan dikenai sejumlah peraturan.
Biasanya games meliputi beberapa tipe pembayaran. Sebagian besar games
pelatihan sekarang lebih diarahkan pada kompetisi trainee secara
individual terhadap dirinya sendiri dari pada berkompetisi dengan sesama trainee.
Hal ini menghindari situasi adanya yang menang dan yang kalah.
Istilah ‘games’ meliputi, games ketrampilan psikomotorik, ketrampilan
intelektual dan paling banyak adalah adu untung. Beberapa tipe game yang umum
meliputi lempar panah, ular tangga, sepakbola, scrable, tebak kata dan
bermacam-macam permainan kartu. Games yang dimainkan secara individual,
meliputi solitaire, patience (semacam permainan kartu), teka-teki
silang dan bahkan mesin poker.
Simulasi
Simulasi adalah contoh situasi aktual atau imajiner. Simulasi umumnya
digunakan untuk melatih operator masa depan dimana akan sangat tidak praktis
atau terlalu brbahaya bagi trainee untuk menggunakan peralatan atau
lokasi sesungguhnya. Simulasi biasanya dirancang serealistis mungkin supaya treinee
dapat belajar dari tindakan mereka tanpa khwatir harus memperbaiki atau mengganti
peralatan yang rusak.
Contoh simulasi meliputi simulator penerbangan, simulator mengamudi, dan
perang-perangan.
Asah Otak
Asah otak berada di kelasnya tersendiri. Bukan merupakan games atau simulasi murni melainkan teka-teki yang dapat menyibukkan pikiran peserta atau menunjukkan titik kuncinya. Asah otak umumnya tidak memiliki peraturan, tapi trainer boleh merancang peraturan mereka sendiri untuk menyesuaikannya dengan sesi pelatihan individual.
Asah otak tertentu meliputi latihan-latihan seperti menggabungkan titik dan
paling banyak merupakan latihan persepsi.
Bermain Peran
Bermain peran digunakan dalam pelatihan untuk melihat bagaimana peserta
bereaksi dalam situasi tertentu sebelum dan sebuah sesi pelatihan. Bermain
peran sangat bermanfaat untuk memberikan kesempatan peserta mempraktekkan
bagaimana berhubungan dengan orang lain sesuai skenario yang diberikan. Bahkan
meski peserta keliru melakukannya, mereka tetap dapat mengambil suatu
pelajaran.
Studi Kasus
Definisi studi kasus sama persis dengan yang ditunjukkan namanya. Sebuah
kasus (basanya berasal dari daerah kerja peserta) dipelajari oleh kelompok atau
oleh individu. Studi mendalam dari hal sesungguhnya atau skenario yang
disimulasikan dimaksudkan untuk mengilustrasikan hasil-hasil tertentu. Apabila
sebuah kelompok atau individu memiliki jawaban terhadap masalah atau situasi
tertentu, maka jawaban tersebut dapat dibandingkan dengan hal yang sesungguhnya
terjadi dan hasil-hasil yang muncul dalam peristiwa tersebut.